5 Tips dan Cara Ampuh Mengatasi Hp Lemot

hp lemot

 

Cara dan Tips Ampuh Mengatasi Hp Lemot dijamin langsung cepet – Hal yang paling menyebalkan adalah ketika samrtphone kesayangan Anda tiba-tiba lemot. Banyak yang beranggapan bahwa hp lemot seringkali disebabkan oleh virus sehingga jalan pintas yang dipilih membawanya ke servise lalu diminta install ulang hingga pada akhirnya kembali mengeluarkan dana padahal Anda juga bisa mengatasinya sendiri.

Sebelum membahas tips untuk mengatasi smartphone lemot, admin akan membagikan cara ampuh yang bisa Anda coba agar smartphone tidak laload. Caranya gampang, hanya saja mungkin letaknya berbeda di setiap tipe hp ya.

Mengatasi hp lemot yang jarang diketahui adalah melalui Opsi Pengembang. Opsi pengembang ini harus diaktifkan dulu. Caranya bagaimana?

Caranya :

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Masuk ke about/tentang perangkat
  • Build number/nomor versi (Biasanya letaknya berbeda-beda, tergantung samrtphone Anda)
  • Selanjutnya, tap atau tekan build number tadi sebanyak 5 atau 7 kalisampai muncul tulisan “mode pengembang telah aktif)
  • Selanjutnya, kembali.

 Belum selesai ya.

  • Buka pengaturan lagi
  • Cari opsi atau pilihan Mode Pengembang, scroll ke bawah cari skala animasi jendela
  • Pilih animasi jendela, lalu ubah skalanya animasi jendela, transisi, dan animator  menjadi 0,5x. Pada umumnya, smartphone menggunakan animasi jendela 1,0x sehingga terkesan lemot jadi setelah mengubahnya menjadi 0,5 auto mencapai kecepatan tertinggi alias performanya lebih tinggi.

 

 Tips Mengatasi HP Lemot

Rajin Menghapus Cache

Pertama, raji menghapus cache. Apa itu cache dan apa hubungannya dengan hp lemot alias laload? Cache merupakan memori singgahan yang bertumpuk-tumpuk yang mengakibatkan smartphone Anda lemot karena Ram dan smartphone dipenuhi cache singgahan aplikasi. Lalu bagaimana mengatasinya? Anda masuk ke pengaturan – aplikasi – manajer aplikasi – hapus memori.

Hapus Aplikasi Bawaan

Selanjutnya, menghapus aplikasi bawaan. Memang tidak masalah? Tentu tidak, aplikasi bawaan hp tidak ada hubungannya dengan sistem android, aplikasi inilah yang diam-diam menggunakan ram dan menyita penyimpanan mengakibatkan hp semakin lemot. Contoh aplikasi bawaan samsung yang jelas-jelas tidak digunakan alias tidak terlalu penting yaitu Galaxy Gift Indonesia dan masih banyak lagi.

Bagaiman cara menghapusnya?

Masuk pengaturan – manajer aplikasi – semua – kemudian cari aplikasi yang ingin dihapus.

Hindari Update Otomatis Google Play Store

Menghindari update otomatis google play store di smartphone Anda, google playstore akan mendeteksi aplikasi yang perlu diperbaharui lalu melakukan update otomatis maka ram yang digunakan sangat tinggi.

Cara mematikan update otomatis yaitu dengan membuka playstore terlebih dulu, lalu mengklik icon garis tiga, pilih setelan, pilih update aplikasi secara otomatis, lalu pilih “jangan update aplikasi secara otomatis.”

 

Tambahkan Memori Extenal

Menambahkan memori exkternal akan sangat mempengaruhi kinerja smartphone, tentu penyimpana yang sangat minim dengan jumlah data yang sangat banyak menjadi penyebab utama lemotnya hp Anda.

Kembali Ke  pengaturan Pabrik

Sebelum melakukan tips akhir ini, jangan lupa melakukan backup data karena riset pabrik akan menghapus semua file, aplikasi, dan akun yang tertaut di smartphone Anda.

Cara mengembalikan ponsel ke setelan pabrik yaitu klik menu pengaturan – cadangkan dan reset – reset pabrik.

Itulah cara dan 5 tips mengatasi hp lemot. Cara ini  yang admin rekomendasikan untuk para pembaca. Silahkan memilih salah satunya untuk mengatasi lemot pada smartphone Anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila masih terdapat tips ampuh yang lain, bisa ditulis di kolom komentar sebagai referensi untuk pembaca yang lain.

 

Originally posted 2021-06-23 01:18:00.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA