Coba Nih Tips Saat Interview yang Ampuh

Memasuki dunia kerja, tidak akan terlepas dari berbagai tes masuk yang harus dilalui, salah satunya adalah interview. Bisa dibilang, bagian ini yang paling menakutkan. Bagaimana tidak, bukan hanya segi intelektual saja yang menjadi faktor pendukung, dari ujung rambut hingga ujung kaki menjadi penilaian. Karena itu, penting mengetahui berbagai tips saat interview kerja agar bisa menjalaninya dengan mantap dan lolos tanpa syarat.

job interview


Lima Tips saat interview menggunakan bahasa tubuh

Selain berbekal ilmu mengenai tempat kerja, juga penting mengetahui apa saja yang perlu dilakukan mulai dari memasuki ruang interview sampai meninggalkan ruangan. Seorang pimpinan tidak hanya menilai dari cara menjawab semua pertanyaan dengan lugas tapi juga gerak-gerik pelamar bisa mempengaruhi lolos atau tidaknya. Berikut ini lima tips saat interview yang ampuh dengan menggunakan bahasa tubuh:

1.    Memasuki ruangan dengan penuh percaya diri

Proses penilaian tidak hanya dilakukan ketika mulai menjawab poin satu hingga terkahir tapi juga pada saat memasuki ruangan. Berjalan menuju kursi dengan penuh percaya diri. Biarkan bunyi langkah sepatu Anda berirama sebelum tiba di hadapan pewawancara. Ini akan menjadi kesan pertama yang baik sebelum lanjut ke tahap selanjutnya.

2.    Jabat tangan dengan tegas

Poin yang satu ini juga penting, cara menjabat tangan perlu diperhatikan agar tidak mengurangi nilai sebelum lanjut inteview. Jangan sampai berjabat tangan dengan lemah, hal ini menandakan kurang semangat atau kurang percaya diri, sementara jabat tangan yang terlalu keras akan memberi kesan terlalu agresif. Jadi sebaiknya jabatlah tangan pewawancara dengan tegas untuk mendapatkan kesan yang baik.

3.    Kontak mata harus terjaga

Tips saat interview selajutnya yaitu menjaga kontak mata. Biasanya, rasa gugup membuat seseorang kurang fokus bahkan tidak berani menatap lawan bicara, terkadang memilih menunduk atau mengalihkan pandangan ke sembarang tempat. Sebisa mungkin jangan lakukan ini. Berikanlah tatapan penuh percaya diri, bukan malah sebaliknya. Banyak berkedip atau melihat ke arah yang lain akan membuat pewawancara kurang nyaman, bahkan bisa memberikan nilai kurang meskipun menjawab pertanyaan dengan baik.

4.    Mengangguk seperlunya saja

Menganggukkan kepala sebagai tanda bahwa telah memahami apa yang sedang disampaikan itu sah-sah saja dan memang harus dilakukan jika pewawancara menjelaskan sesuatu. Tapi jika mengangguk berlebihan atau bukan di saat yang tepat hanya akan membuat jengkel pewawancara. Itu akan memberikan penilaian buruk, bahkan bisa saja pewawancara akan merasa tidak diperhatikan. Untuk menunjukkan sikap antusiasme tidak harus asal mengangguk , sewajarnya saja.

5.    Menggerakkan tangan secukupnya

Tips saat interview kerja yang terakhir adalah geraka tangan. Sebagian orang bisa berbicara dengan nyaman apabila disertai dengan gerakan tangan dan itu wajar. Menggerakkan tangan juga bisa membantu memperjelas ucapannya. Akan tetapi, hal ini tidak baik jika berlebihan apabila berbiacara di hadapan pewawancara. Bisa jadi hanya akan mengganggu suasana, merusak konsentrasi pewawancara dengan gerakan tangan yang berlebihan. Meletakkan tangan di pangkuan adalah langkah paling aman untuk membatasi gerakan tangan agar tidak banyak mengganggu.

      Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan, bukan hanya belajar keras terkait posisi yang dilamar atau menghafal profil perusahaan yang akan dilamar. Akan tetapi, tetap perhatian poin-poin tersebut sebagai nilai plus dan ini sangat penting. Ingat, proses interview merupakan tahap akhir yang paling menentukan diterima atau tidaknya. Jadi, upayakan mempelajari berbagai tips saat interview agar hasilnya tidak mengecewakan.

 

Originally posted 2021-06-22 09:50:00.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA