10 Cara Memilih Produk untuk Dijual Agar Laris Manis

Memulai bisnis, hal yang paling membingungkan adalah memilih produk. Apakah produk tersebut banyak peminatnya atau malah akan sepi nantinya. Banyak yang masih kebingungan karena tidak tau cara memilih produk untuk dijual.

Bagaimana cara memilih produk untuk dijual agar dagangan laris manis?

  1. Memilih produk yang akan dijual harus sesuai dengan modal yang ada

Kriteria pemilihan produk yang pertama adalah memastikan bahwa produk sesuai dengan kondisi “kantong” Anda. Jika Anda berniat berjualan online dengan modal 10 juta, barang dengan nilai di atas 10 juta sama sekali tidak pantas.

Dengan produk yang bernilai tinggi, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk mengimpor barang. Selain itu, Anda mungkin tidak lagi memiliki modal kerja, membeli alat bisnis atau membelanjakan untuk pemasaran.
Oleh karena itu, pilih produk dengan modal yang ada dan hati-hati membagi jumlah yang akan diinvestasikan.

2. Produk memiliki pasar yang luas
Cara memilih produk untuk dijual selanjutnya yaitu dengan mencari produk yang banyak dicari. Saat berjualan, terutama bisnis online. Anda tidak boleh mengabaikan riset pasar. Anda harus melihat apakah pasar untuk produk Anda luas atau tidak? Siapa pesaing produk Anda? Bagaimana perilaku pelanggan terhadap produk Anda.

3. Produk tidak melanggar hukum
Memutuskan untuk berjualan baik offline maupun online, Anda perlu meneliti produk secara menyeluruh . Produk tidak boleh melanggar hukum atau produk yang tunduk pada manajemen negara yang ketat .

Mungkin, barang-barang yang melanggar hukum semua orang tahu. Oleh karena itu , tidak melihat keuntungan yang tinggi meskipun menjual barang-barang tersebut.

Item tunduk pada manajemen negara yang ketat seperti obat-obatan, alkohol, bir, stimulan, apalagi produk tersebut tidak diiklankan di media sosial seperti Facebook atau google.

Baca juga:

4. Mendahulukan Kualitas Produk

Untuk melakukan penjualan jangka panjang dan mendapatkan kepercayaan pelanggan, Anda harus memperdagangkan produk yang memiliki reputasi dan kualitas baik di masyarakat. Jadilah yang pertama menguji, gunakan produk terlebih dahulu untuk mendapatkan tampilan yang objektif. Jangan memilih produk berkualitas buruk untuk dipasarkan. Ini hanya akan membuat pelanggan membeli untuk pertama kalinya dan tidak akan pernah kembali lagi. Sebaliknya , jika produknya bagus, Anda bisa memiliki pelanggan setia. Bahkan rekomendasi dari pelanggan setia ini lebih efektif dan lebih baik daripada ratusan iklan.

✔️  Cara Memilih Nama Brand untuk Bisnis Anda

5. Pandai Menghadapi Saingan
Produk di pasar dengan 10-30 pesaing menunjukkan bahwa pasar memiliki daya beli dan kemauan untuk membayar, tetapi jika terlalu banyak pesaing akan sulit bagi Anda untuk bersaing.
Untuk menghadapi persaingan yang lebih sedikit, Anda dapat menghasilkan produk unik yang belum pernah terlihat di pasar atau menemukan ceruk yang tidak memiliki banyak pesaing.
Menemukan produk potensial seperti itu mengharuskan Anda untuk mengamati pasar, memahami masalah pelanggan saat ini dan menemukan produk yang memecahkan masalah itu .

6. Kriteria pemilihan produk: Memiliki banyak supplier barang

Produk dapat diimpor dalam waktu cepat untuk meyakinkan proses pengiriman bagi pelanggan.
Jika Anda bukan produsen, sangat penting untuk secara proaktif mencari barang dengan distributor karena ada banyak perusahaan yang bangkrut karena mereka tidak gerak cepat dalam menyediakan produk tepat waktu.

7. Pilih produk jualan yang unik

Anda tahu , pasar penjualan saat ini sangat aktif dan memiliki persaingan yang ketat. Membuat pelanggan mengingat produk Anda sangat penting . Jika produk Anda diproduksi massal , dan tidak ada yang unik, sulit untuk bersaing. Namun, fakta bahwa produk sederhana masih mudah ditiru akan menyulitkan pengusaha baru untuk bersaing dengan “orang-orang besar” yang telah lama berbisnis online . Khususnya, pengusaha jangka panjang, mereka dapat menekan harga dan Anda tidak bisa bertahan lama di pasar.
Oleh karena itu, perlu dicari produk yang unik, mewah dan sulit ditiru.
Cari tahu apa kebutuhan pasar, terutama target audiens Anda . Dengan begitu, Anda akan dapat mendatangkan basis pelanggan yang unik.

8. Produk harus mampu menangani permasalahan pelanggan

Anda perlu memilih produk yang menangani masalah pelanggan. Terutama masalah yang dihadapi banyak orang. Sebagai contoh , di negara kita, tingkat wanita berusia 17-25 masih mengeluhkan kulit sensitif, jerawat meradang, kulit kusam.

Ini adalah permasalahan banyak wanita. Karena itu, bisnis produk kosmetik untuk mencegah kulit sensitif sangat efektif . Tidak hanya krim anti acne, produk yang disertai dengan ingridients yang bisa memperbaiki skin berrier, pelindung wajah dari sinar UV akan selalu dilirik dan dicari pelanggan.

Cara memilih produk untuk dijual pada opsi terakhir ini sangat penting, karena sejatinya kebanyak orang membeli barang hanya untuk mengatasi permasalahannya. Bukan sekedar membeli untuk disimpan, tapi juga digunakan.

Originally posted 2022-03-16 14:33:55.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA