Naskah MC Pernikahan Adat Bugis

Menikah menjadi moment sakral yang paling dinantikan, dimana dua jiwa yang berbeda latarbelakang harus siap berada di bawah atap yang sama dengan segala suka-dukanya. Jauh-jauh hari sebelum acara, kerabat telah sibuk mengurus segala sesuatunya agar berjalan tanpa kendala apapun. Mulai dari acara Ma’tang (sebar undangan) sampai puncak acara. Tiba hari H, salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah MC. Tentunya sangat penting tampil maksimal sebagai seseorang yang mengatur jalannya acara dari awal hingga selesai.

naskah mc bugis

Nah, bagi kalian yang bertugas sebagai pembawa acara tentunya dituntut untuk tampil memukau agar tamu undangan tidak merasa bosan, sekaligus memberi kesan baik bagi pengantar mempelai. Masyarakat bugis masih kental dengan adat istiadat dan masih mencintai bahasanya, tentu menjadi nilai plus ketika si pembawa acara mencampurkan bahasa Bugis dengan Bahasa Indonesia sebagai pengingat bahwa kecintaan terhadap suku bugis harus tetap ada.

Tidak bisa dipungkiri, MC yang membacakan susunan acara menggunakan bahasa bugis memiliki kesan tersendiri bagi masyarakat setempat. Konon katanya, anak jaman sekarang sudah mahir berbahasa Indonesia sehingga bahasa bugis hanya sebatas bahasa orang tua saja, alias bahasa kampung. Anak yang belum mahir berbicara saja sudah diajarkan menggunakan bahasa Indonesia, jadi wajarlah setelah beranjak dewasa ucapan Nenek sudah tidak dipahami, kan.. Berbeda dengan dulu, yang pandai berbahasa Indonesia hanya dari kalangan berpendidikan saja. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi warga bugis untuk tetap melestarikan bahasa dan budaya.

Berikut ini teks naskah MC pernikahan bernuansa bugis yang bisa kalian gunakan di acara pernikahan atau acara mapparola pada pernikahan suku bugis:

Assalamualaikum wr.wb

Sukkuru’ ki mappoji lao ri sese arajangna Puang Allahu Ta’ala, nassabari elo ulle simatang na nawereng ki asennangeng nenniya asagenangeng natopada engka sita rupa nasaba akkata madeceng.
Salawa’nenniya mappasalama lao rii nabitta Muhammad SAW, nabi engkae jellorengki laleng malempu nenniya pitang ki acenningeng selleng’e

Hadirin sekalian yang sama berbahagia…
Tiada kata yang dapat kami haturkan selain ucapan selamat datang dan beribu ungkapan terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu.  

Maraja parellau addampengku lao ri sese alebbireng ta maneng akkata maminasa patarakkai seddi gau rilalengna iyye wettue.
Maha Besar Allah yang telah menyatukan dua hati menjadi satu cinta dengan merenda kasih sayang dalam mahligai rumah tangga.

Hadirin sekalian yang sama berbahagia..
Naiyya rialae gau mammulang iyanaritu pabbukka acara riyaregga gaukeng napatarakkae alena mabbacae. Pada laoni mai simata mpukka’i gau madecengnge nasaba pappesabbi lao risesena puang Allahu Ta’ala, Bismillahirrohmanirrohim.
Hadirin sekalian yang sama berbahagia
Acara pertama, pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Tabe, kepada beliau dengan hormat dipersilahkan.
(….)

Acara selanjutnya, penyerahan buku nikah oleh …., dengan hormat disilahkan.

Baca Juga: Naskah MC Mappacci Adat Bugis

(….)
Hadirin wal hadirat yang sama berbahagia
Selanjutnya, marilah kita mendengarkan nasehat pernikahan yang akan disampaikan oleh ….., 

Kepada beliau dengan hormat disilahkan.


Acara selajutnya, istirahat.
Dengan berakhirnya acara istirahat nanti maka berakhir pula seluruh rangkaian acara pada hari ini. Rekko pale engka tappasala rilalengna gaukeng, mamuare papole addampeng ri mase-masekeng.

Sebelum saya menutup acara, mari bersama-sama membaca hamdalah.
Alhamdulillahirrobbilalamiin.


Wassalamualaikum waromatullah wabaraktuh

Demikianlah naskah MC acara pernikahan yang dipadukan dengan bahasa bugis. Susunan acara yang disajikan di atas hanya bagian inti yang pada umumnya ada di acara resepsi pernikahan masyarakat bugis. Jadi, kalian bisa menambahkannya sesuai kebutuhan acara dan tentunya dengan selingan bahasa bugis  yang pas juga ya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, khususnya MC yang selalu bertugas di setiap acara pernikahan.

Originally posted 2020-09-16 04:14:00.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA