Naskah MC dan Susunan Acara Pengajian Pernikahan Terlengkap

ria ricis
sumber gambar: ig @riaricis1795

Pernikahan merupakan hal sakral yang hampir semua pelakunya menginginkannya menjadi momen paling indah dan sekali saja dalam hidupnya. Tentunya Anda perlu tahun susunan acara pengajian pernikahan jika ingin ada sambutan dari kyai atau perangkat agama.

Untuk merayakan peristiwa istimewa tersebut dari kedua mempelai dan keluarga seorang (muslim) pastinya tak lepas dari harapan menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

Begitu pula dengan keluarga dengan kepercayaan non muslim yang kurang lebih punya harapan sama meski dengan bahasa yang berbeda. Prosesi adat sangat kental saat penyelenggaraan pernikahan, termasuk di dalamnya terdapat pengajian.

Bagi Anda yang masih awam atau mau cari referensi untuk menyelenggarakan acara pengajian pernikahan anda atau putra putri tercinta anda, berikut ulasan tentang susunan acara pengajian yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk anda.

Assalamualaikum Wr. Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan kenikmatan dan keberkahan yang berlimpah. Baik itu nikmat sehat, nikmat rezeki, serta nikmat kesempatan yang tak terhitung jumlahnya.

Sehingga kita dalam keadaan sehat, dapat hadir di kediaman bapak …..  dalam acara pengajian menjelang pernikahan Ananda …. dengan …. yang Insya Allah akan diselenggarakan esok hari, bertepatan (menyebutkan tanggal pernikahan).

Sholawat serta salam tak lupa pula kita haturkan kepada Nabiullah Muhammad SAW, nabi yang telah mengantarkan kita dari dunia yang penuh dengan kekafiran, kemusyrikan, dan kezholiman ke alam yang penuh dengan cahaya islam yang insyaAllah menerangi kita di akhirat kelak.

Semoga kita dapat menunaikan amanah-amanah yang sudah disampaikan oleh beliau dalam mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. 

Aamiin ya Rabbal alamiin.

Kepada bapak/Ibu dan para tamu undangan yang saya hormati

Saya mewakili keluarga besar calon mempelai menyampaikan rasa hormat dan ungkapan banyak terima kasih atas kehadiran bapak/ibu dan para tamu undangan di acara pengajian pada malam hari ini.

Untuk memberikan doa restu serta sejuta harapan baik terhadap kedua Ananda kami yang sebentar lagi Insya Allah akan menyempurnakan separuh agama melalui pernikahan yang insyaAllah diridhoi oleh Allah.

Baca Juga:

Ide Kado Pernikahan Paling Hits untuk Pasangan yang Baru Menikah

Kepada bapak/Ibu yang dimuliakan oleh Allah SWT

Supaya acara pengajian hari ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa mendapatkan syafaat dari Allah SWT, maka marilah dengan seksama kita membuka acara pengajian ini dengan bersama-sama membaca “Basmalah”

Kepada bapak/ibu yang dirahmati Allah SWT

Untuk sesi selanjutnya yakni sambutan shohibul hajat yang akan dibawakan oleh Bapak ….

Kemudian akan dilanjut dengan acara inti yakni tausiyah yang tentunya akan dibawakan oleh Tim Pengajian ……

Selanjutnya, berikut susunan acara pengajian untuk pernikahan yang akan diadakan pada malam hari ini diantaranya.

Acara yang pertama :

  1. Dzikir bersama yang akan dipandu oleh … 
  2. Pembacaan Asmaul Husna yang akan dipandu oleh …
  3. Pembacaan Kalam Illahi yang akan di pandu oleh …
  4. Pembacaan Q.S. An-Nisa 4:1 yang akan dibacakan oleh ..
  5. Pembacaan Q.S. Ibrahim 14:40 dan 41 yang akan dibacakan oleh ..
  6. Pembacaan S. Ar-Rahman yang akan dibacakan oleh …
  7. Doa Rasul
  8. Pembacaan doa untuk calon mempelai
  9. Ungkapan cinta kasih dari ananda kepada orang tua
  10. Ungkapan cinta kasih dari orang tua untuk ananda
  11. Acara inti, ceramah akan dibawakan oleh …
  12. Doa bersama
  13. Penutup

Demikian susunan-sunanan acara pengajian pernikahan, saya selaku pembawa acara memohon undur diri. Sebelum undur diri saya memohon maaf jika ada salah kata ataupun sikap. Karena hanya Allah SWT yang benar-benar memiliki kesempurnaan. Sekian.

Originally posted 2021-11-18 07:26:00.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA