cara menghilangkan terakhir dilihat pada wa

Pendahuluan

Selamat datang, Sobat Deng Tutor! WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan fitur-fitur yang terus berkembang, pengguna WhatsApp semakin dimanjakan. Namun, tidak semua orang merasa nyaman dengan fitur “terakhir dilihat” yang ada di WhatsApp.

Bahkan, bagi sebagian orang, fitur ini bisa menjadi sumber kekhawatiran karena dapat memberikan tekanan sosial dan privasi yang tidak diinginkan. Namun, jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan berbagi cara-cara menghilangkan terakhir dilihat pada WhatsApp tanpa harus mengorbankan pengalaman menggunakan aplikasi ini.

Pertama, Nonaktifkan “Terakhir Dilihat”

Langkah pertama yang bisa Sobat Deng Tutor lakukan adalah dengan mematikan fitur “terakhir dilihat” langsung dari pengaturan WhatsApp. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Sobat Deng Tutor.
  2. Masuk ke pengaturan dengan menekan ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  4. Pilih “Akun”.
  5. Pilih “Privasi”.
  6. Scroll ke bawah dan temukan opsi “Terakhir Dilihat”.
  7. Tap pada opsi tersebut dan pilih “Tidak Ada” atau “Kontak Saja”, sesuai dengan keinginan Sobat Deng Tutor.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Deng Tutor berhasil menonaktifkan fitur “terakhir dilihat” pada WhatsApp. Artinya, Sobat Deng Tutor tidak akan bisa melihat waktu terakhir saat orang lain melihat pesan yang Sobat Deng Tutor kirimkan.

Kedua, Gunakan Mode Pesawat atau Putuskan Koneksi Internet

Salah satu cara lain yang bisa Sobat Deng Tutor gunakan untuk menghilangkan terakhir dilihat pada WhatsApp adalah dengan menggunakan mode pesawat atau memutuskan koneksi internet secara sementara. Cara ini akan membuat WhatsApp tidak dapat mendeteksi kapan terakhir kali Sobat Deng Tutor membuka aplikasi.

Untuk menggunakan mode pesawat, Sobat Deng Tutor bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka menu pengaturan pada ponsel Sobat Deng Tutor.
  2. Cari opsi “Mode Pesawat”.
  3. Aktifkan opsi tersebut untuk mematikan semua koneksi jaringan.

Dengan menggunakan mode pesawat, Sobat Deng Tutor tidak akan terhubung ke internet dan WhatsApp tidak akan mendeteksi aktivitas terakhir Sobat Deng Tutor.

Jika Sobat Deng Tutor tidak ingin menggunakan mode pesawat, Sobat Deng Tutor juga bisa memutuskan koneksi internet pada ponsel secara sementara dengan mematikan fitur Wi-Fi atau data seluler. Caranya hampir sama dengan langkah-langkah di atas.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Menghilangkan Terakhir Dilihat pada WhatsApp

Kelebihan

  1. Privasi yang lebih terjaga. Dengan menghilangkan terakhir dilihat, Sobat Deng Tutor tidak perlu khawatir pengguna lain dapat melihat kapan terakhir kali Sobat Deng Tutor membuka dan membaca pesan di WhatsApp.
  2. Tidak ada tekanan sosial. Terakhir dilihat bisa memberikan tekanan bagi pengguna WhatsApp untuk segera membalas pesan. Dengan menghilangkannya, Sobat Deng Tutor dapat mengendalikan waktu dan kapan akan membalas.
  3. Tidak terlihat online. Selain tidak terlihat terakhir dilihat, dengan memutuskan koneksi internet atau menggunakan mode pesawat, Sobat Deng Tutor juga tidak akan terlihat online oleh pengguna lainnya.
  4. Menghindari “cek-lihat” yang tak diinginkan. Terakhir dilihat bisa memicu “cek-lihat” berulang kali oleh pengguna lain yang curiga atau tak sabar menunggu balasan. Dengan menghapus fitur ini, Sobat Deng Tutor bisa meminimalisir gangguan ini.

Kekurangan

  1. Informasi terakhir dilihat dari pengguna lain juga tidak akan ditampilkan bagi Sobat Deng Tutor. Jadi, jika Sobat Deng Tutor ingin tahu kapan orang lain membuka pesan yang Sobat Deng Tutor kirimkan, tidak akan bisa melihatnya.
  2. Masyarakat mungkin menganggap Sobat Deng Tutor tidak menjawab pesan karena tidak terlihat terakhir dilihat. Ini bisa menimbulkan kesalahpahaman dalam komunikasi.
  3. Fitur ini tidak sepenuhnya menghilangkan kemungkinan pengguna lain dapat melihat Sobat Deng Tutor online. Mereka masih dapat melihat jika Sobat Deng Tutor sedang mengetik pesan.
  4. Menggunakan mode pesawat atau memutuskan koneksi internet secara sementara juga membuat Sobat Deng Tutor tidak bisa mengakses aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet.

Tabel Informasi: Cara Menghilangkan Terakhir Dilihat pada WhatsApp

Judul Keterangan
Fitur Terakhir Dilihat
Langkah Nonaktifkan dari pengaturan WhatsApp atau gunakan mode pesawat/putuskan koneksi internet
Kelebihan – Privasi lebih terjaga
– Tidak ada tekanan sosial
– Tidak terlihat online
– Menghindari “cek-lihat” yang tak diinginkan
Kekurangan – Tidak dapat melihat kapan orang lain membuka pesan
– Potensi kesalahpahaman dalam komunikasi
– Fitur tidak sepenuhnya menghilangkan kemungkinan pengguna lain dapat melihat Sobat Deng Tutor online
– Tidak dapat mengakses aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, menghilangkan terakhir dilihat pada WhatsApp dapat memberikan keuntungan bagi Sobat Deng Tutor yang menginginkan privasi lebih terjaga dan mengurangi tekanan sosial. Meskipun begitu, Sobat Deng Tutor juga harus mempertimbangkan kekurangan-kekurangan yang ada. Menonaktifkan fitur ini dapat mempengaruhi komunikasi dengan pengguna lain dan tidak sepenuhnya menghilangkan kemungkinan pengguna lain dapat melihat aktivitas Sobat Deng Tutor. Oleh karena itu, penting bagi Sobat Deng Tutor untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi sebelum menghilangkan terakhir dilihat pada WhatsApp.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Sobat Deng Tutor dalam mengelola privasi di WhatsApp. Terima kasih sudah membaca!

Kata Penutup

Demikianlah artikel tentang cara menghilangkan terakhir dilihat pada WhatsApp, Sobat Deng Tutor. Harap diingat, penggunaan fitur ini haruslah didasari oleh kebutuhan dan preferensi pribadi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang ditimbulkan oleh penggunaan fitur ini. Jika Sobat Deng Tutor memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim kami. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment