Cara Menentukan Harga Jual Produk

Pahami pasar sebelum menghitung harga produk
Survei pasar, cari tahu berapa banyak pelanggan dapat membayar untuk produk Anda? Apakah produk Anda unik atau sudah dalam bisnis? Jika ya, periksa apa yang dijual pesaing? Apakah Anda akan menetapkan harga yang setara dengan pesaing Anda atau lebih kompetitif?

Penetapan harga produk tidak boleh dianggap enteng. Anda perlu memastikan bahwa semua biaya langsung dan tidak langsung dipertimbangkan dalam proses penetapan harga produk.

Tergantung pada industrinya, item yang Anda butuhkan untuk memilih metode penetapan harga yang paling optimal untuk menghitung harga produk.


Ada 3 metode atau cara menetapkan harga jual yang masih umum digunakan saat menghitung harga produk:

  1. Penetapan harga berdasarkan biaya produksi

Cara menentukan harga jual yang pertama yaitu berdasarkan biaya produksi. Berdasarkan biaya untuk membuat produk. Kami memiliki dua metode penilaian:
Metode penambahan biaya:
Harga produk = Biaya produksi 1 unit produk + Laba yang diinginkan per unit
Metode titik impas:
Harga produk = (Biaya tetap / Titik impas) + Biaya variabel per unit

  1. Penetapan harga berdasarkan nilai produk

Dengan metode ini, produsen akan mendasarkan harga pada faktor-faktor yang membentuk nilai produk.
Faktor-faktor tersebut dapat berupa:

  • Fitur Produk
  • Kualitas produk
  • Desain
  • Kelangkaan
  • Perbedaan
  • Layanan dan kebijakan termasuk
  • Sudut pandang pelanggan
  1. Penetapan harga berdasarkan persaingan

Dengan metode penetapan harga jual ini, bisnis akan mendasarkan pada harga pesaing dan kemudian menetapkan harga lebih tinggi, lebih rendah atau sama tergantung pada situasi pasar dan bisnis.
Pertimbangkan faktor lain

Bagaimana pajak akan mempengaruhi harga produk? Bisakah Anda mengurangi margin keuntungan pada produk A dan meningkatkan margin keuntungan pada produk B untuk mengimbanginya?
Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan harga yang sesuai untuk setiap cabang, setiap pasar atau saluran penjualan yang berbeda.

Menjaga harga tetap optimal

Pasar, pesaing, pelanggan akan sering berubah, bahkan sangat cepat. Oleh karena itu, perusahaan manufaktur tidak dapat mempertahankan harga yang sama selama proses bisnis. Tergantung pada situasi pasar, pelanggan, kita harus selalu mengubah, memperbarui harga untuk menjaga harga yang optimal.

Leave a Comment