cara melihat ip address windows 10

Selamat datang, Sobat Dengtutor.id!

Selamat datang kembali di situs Dengtutor.id, tempatnya untuk belajar segala hal seputar teknologi. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara melihat IP Address Windows 10. IP Address adalah alamat unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Dengan mengetahui IP Address, Anda dapat mengakses pengaturan jaringan, melakukan troubleshooting, atau mengamankan jaringan Anda. Yuk, simak cara melihat IP Address Windows 10 berikut ini!

1. Menggunakan Command Prompt

Cara pertama yang bisa Sobat Dengtutor.id lakukan adalah dengan menggunakan Command Prompt. Langkah pertama, buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter. Setelah itu, ketik “ipconfig” dan tekan Enter. Akan muncul daftar informasi jaringan, dan pada bagian “IPv4 Address” akan terlihat IP Address yang sedang digunakan oleh komputer Anda.

2. Melalui Pengaturan Jaringan dan Internet

Jika Sobat Dengtutor.id lebih nyaman menggunakan antarmuka grafis, langkah kedua ini bisa dicoba. Pertama, buka Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I, kemudian pilih “Jaringan dan Internet”. Pada bagian “Status”, klik “Lihat Info Jaringan”. Di sana, Anda akan melihat informasi tentang jaringan yang sedang Anda gunakan, termasuk IP Address.

3. Menggunakan Windows PowerShell

Windows PowerShell adalah alat yang lebih canggih dibandingkan Command Prompt, dan dapat digunakan untuk melihat IP Address dengan mudah. Buka Windows PowerShell dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “powershell” dan tekan Enter. Selanjutnya, ketik “Get-NetIPAddress | Where-Object {$_.AddressFamily -eq ‘IPv4’} | Select-Object IPAddress” dan tekan Enter. Maka akan ditampilkan IP Address yang sedang digunakan pada komputer Anda.

4. Melalui Pengaturan TCP/IP

Untuk pengguna yang lebih mengenal setelan jaringan yang lebih dalam, cara ini sangat cocok. Pertama, buka Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I, kemudian pilih “Jaringan dan Internet”. Klik “Ethernet” atau “Wi-Fi”, kemudian pilih “Ubah opsi adapter”. Klik kanan pada koneksi yang Anda gunakan dan pilih “Properties”. Pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik “Properties”. Di sana, Anda akan melihat IP Address yang sedang digunakan.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika merasa kesulitan dengan cara-cara di atas, Sobat Dengtutor.id juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “WhatismyIP” atau “Advanced IP Scanner” yang dapat Anda unduh dan install secara gratis. Aplikasi ini akan memberikan informasi detail tentang IP Address yang sedang digunakan oleh Windows 10 Anda.

6. Kelebihan Cara Melihat IP Address Windows 10

Melihat IP Address Windows 10 memiliki beberapa kelebihan yang perlu Sobat Dengtutor.id ketahui. Pertama, dengan mengetahui IP Address, Anda dapat memantau dan mengamankan jaringan Anda dengan lebih baik. Selain itu, IP Address juga dapat membantu Anda dalam troubleshooting jika terjadi masalah koneksi. Selain itu, jika ingin mengakses pengaturan jaringan yang lebih lanjut, mengetahui IP Address adalah langkah awal yang perlu Anda lakukan.

7. Tabel Informasi Cara Melihat IP Address Windows 10

No Metode Cara
1 Menggunakan Command Prompt Buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + R, ketik “cmd”, tekan Enter. Ketik “ipconfig”, tekan Enter.
2 Melalui Pengaturan Jaringan dan Internet Buka Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I, pilih “Jaringan dan Internet”. Klik “Lihat Info Jaringan”.
3 Menggunakan Windows PowerShell Buka Windows PowerShell dengan menekan tombol Windows + R, ketik “powershell”, tekan Enter. Ketik “Get-NetIPAddress | Where-Object {$_.AddressFamily -eq ‘IPv4’} | Select-Object IPAddress”, tekan Enter.
4 Melalui Pengaturan TCP/IP Buka Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I, pilih “Jaringan dan Internet”. Klik “Ethernet” atau “Wi-Fi”. Pilih “Ubah opsi adapter”. Klik kanan pada koneksi yang Anda gunakan, pilih “Properties”. Pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”, klik “Properties”.
5 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Unduh dan install aplikasi seperti “WhatismyIP” atau “Advanced IP Scanner”. Gunakan aplikasi tersebut untuk melihat IP Address.

8. Kesimpulan

Demikianlah cara melihat IP Address Windows 10 dengan mudah dan menyeluruh. Anda dapat melakukannya melalui Command Prompt, Pengaturan Jaringan dan Internet, Windows PowerShell, Pengaturan TCP/IP, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan mengetahui IP Address, Anda dapat mengakses pengaturan jaringan, mengamankan jaringan Anda, dan melakukan troubleshooting jika terjadi masalah koneksi. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara-cara di atas dan eksplorasi lebih lanjut mengenai pengaturan jaringan Windows 10 Anda!

Jika Sobat Dengtutor.id memiliki pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah mengunjungi Dengtutor.id, situs terpercaya untuk belajar teknologi. Sampai jumpa di artikel-artikel menarik lainnya!

Leave a Comment