cara melihat history pembelian di iphone

Halo Sobat Dengtutor.id!

Apakah kamu pernah merasa bingung mencari tahu riwayat pembelian aplikasi atau musik di iPhone? Tenang, kamu tidak sendiri. Banyak pengguna iPhone yang juga mengalami hal serupa. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Pada artikel ini, kita akan membahas cara melihat history pembelian di iPhone dengan mudah dan praktis. Tidak perlu lagi mencari informasi kesana-kemari, karena semua yang kamu butuhkan akan kita jabarkan dengan detail.

Pendahuluan

Sebelum kita memulai, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu history pembelian di iPhone. History pembelian adalah daftar lengkap semua aplikasi, musik, film, atau konten digital lainnya yang pernah kamu beli melalui App Store atau iTunes Store. Jadi, ketika kamu ingin mengunduh ulang atau memulihkan pembelian, kamu tidak perlu mencarinya satu per satu, cukup dengan melihat history pembelian.

Cara melihat history pembelian ini juga sangat penting jika kamu ingin melacak pengeluaran kamu, atau jika kamu ingin memeriksa tagihan yang dikirim oleh Apple. Bukan hanya itu, melihat history pembelian juga bisa membantu mengatasi masalah jika kamu mengalami kehilangan konten digital yang pernah kamu beli.

Kelebihan Melihat History Pembelian di iPhone

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, ada baiknya kamu mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki dalam melihat history pembelian di iPhone:

  1. Kamu dapat mengakses dan mengunduh ulang semua aplikasi, musik, buku, atau konten digital lainnya yang pernah kamu beli.
  2. Memiliki bukti pembelian yang valid dalam kasus ada masalah dengan aplikasi atau konten digital yang kamu beli.
  3. Memastikan bahwa tagihan yang diterima dari Apple sesuai dengan pembelian yang kamu lakukan.
  4. Memudahkan kamu dalam melacak pengeluaran dan mengontrol anggaran keuangan kamu.

Langkah-langkah melihat History Pembelian di iPhone

Berikut adalah langkah-langkah cara melihat history pembelian di iPhone:

Langkah 1: Buka Aplikasi “App Store”

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi “App Store” di iPhone kamu. Aplikasi ini biasanya memiliki ikon biru dengan logo huruf “A” yang diperbesar di tengahnya.

Langkah 2: Pilih “Profil” Kamu

Setelah membuka aplikasi “App Store”, kamu akan melihat ikon profil yang mewakili akun Apple ID kamu di bagian kanan atas layar. Ketuk ikon tersebut untuk melanjutkan.

Langkah 3: Masuk dengan Akun Apple ID

Jika kamu belum masuk dengan akun Apple ID kamu, kamu perlu memasukkan detail login kamu terlebih dahulu untuk dapat melihat history pembelian. Masukkan alamat email dan kata sandi yang terkait dengan akun Apple ID kamu, lalu tekan tombol “Masuk”.

Langkah 4: Buka “Pembelian”

Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat halaman profil kamu. Gulir ke bawah dan cari opsi “Pembelian”. Ketuk opsi ini untuk melihat history pembelian kamu.

Langkah 5: Filter Pembelian

Pada halaman “Pembelian”, kamu akan melihat daftar semua aplikasi, musik, film, atau konten digital lainnya yang pernah kamu beli. Agar lebih mudah mencari informasi yang kamu butuhkan, kamu dapat menggunakan filter yang disediakan oleh Apple. Filter ini memungkinkan kamu untuk memilah dan mencari pembelian berdasarkan kategori atau periode waktu tertentu.

Langkah 6: Lihat Detail Pembelian

Jika kamu ingin melihat detail lengkap tentang pembelian tertentu, kamu hanya perlu mengetuk item yang sesuai pada daftar pembelian. Ini akan membuka halaman detail pembelian, di mana kamu dapat melihat informasi seperti tanggal pembelian, harga, metode pembayaran, dan lainnya.

Langkah 7: Unduh Ulang atau Pulihkan Pembelian

Jika kamu ingin mengunduh ulang atau memulihkan pembelian yang pernah kamu beli, kamu juga dapat melakukannya melalui halaman detail pembelian. Cari opsi yang sesuai, seperti “Unduh Ulang” atau “Restore”, dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh Apple.

Tabel Informasi Cara Melihat History Pembelian di iPhone

No. Langkah Keterangan
1 Buka Aplikasi “App Store” Membuka aplikasi “App Store” di iPhone.
2 Pilih “Profil” Kamu Tap ikon profil yang mewakili akun Apple ID kamu di bagian kanan atas layar.
3 Masuk dengan Akun Apple ID Masukkan detail login kamu untuk akun Apple ID kamu.
4 Buka “Pembelian” Gulir ke bawah dan cari opsi “Pembelian”.
5 Filter Pembelian Gunakan filter untuk memilah dan mencari pembelian berdasarkan kategori atau periode waktu tertentu.
6 Lihat Detail Pembelian Tap item yang sesuai pada daftar pembelian untuk melihat detail lengkapnya.
7 Unduh Ulang atau Pulihkan Pembelian Cari opsi yang sesuai dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengunduh ulang atau memulihkan pembelian.

Kesimpulan

Demikianlah cara melihat history pembelian di iPhone dengan mudah dan praktis. Melihat history pembelian sangat penting untuk melacak pengeluaran dan memastikan bahwa tagihan yang diterima dari Apple sesuai dengan pembelian yang kamu lakukan. Dengan mengetahui langkah-langkah ini, kamu tidak perlu lagi bingung mencari informasi pembelian satu per satu. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengelola pembelian di iPhone kamu.

Disclaimer

Artikel ini disusun berdasarkan pengetahuan dan pengalaman praktis kami dalam menggunakan iPhone. Namun, setiap langkah atau proses yang terkait dengan sistem operasi iOS dapat berbeda-beda tergantung pada versi yang digunakan dan penyesuaian yang dilakukan oleh Apple. Pastikan selalu memperbarui perangkat kamu dan mengikuti petunjuk resmi yang disediakan oleh Apple untuk mendapatkan pengalaman yang optimal.

Leave a Comment