Bagaimana Cara Menemukan Bisnis yang Tepat

Bagaimana cara menemukan bisnis yang tepat? Memulai sebuah bisnis memang tergolong sulit kalau belum memiliki gambaran terkait bisnis yang akan dijalankan. Anda perlu mengajukan beberapa pertanyaan penting sebelum memulai. Anda juga perlu mengamati kondisi sekeliling Anda. Misalnya apa yang dibutuhkan orang-orang di sekitar Anda, makanya tujuan bisnis itu penting.


Berikut ini pertanyaan penting yang bisa menjadi pedoman untuk menemukan bisnis yang tepat

  • Apa yang Anda inginkan atau butuhkan dari bisnis ini?

Setiap pebisnis tentu saja yang dibutuhkan adalah uang atau pendapatan. Tapi bukan itu yang dimaksud. Apakah Anda ingin mengganti pekerjaan Anda sebelumnya atau hanya sebatas pekerjaan sampingan tanpa menyingkirkan pekerjaan utama Anda

Apakah Anda berencana menjalankannya untuk menjaga anak-anak atau anggota keluarga? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini membantu membingkai jenis bisnis apa yang Anda inginkan dan seberapa besar komitmen yang dapat Anda berikan untuk itu.

  • Apa yang Anda suka lakukan?

Ini merupakan pertanyaan jebakan karena apa yang Anda suka tidak selalu sesuatu yang layak dijadikan bisnis. Saya suka membiakkan burung perkutut dan ada potensi untuk menghasilkan uang, tetapi hampir tidak ada jaminan untuk itu dan tidak ada faktor pendukung untuk menjadikannya lebih dari sekadar hobi.

Di sisi lain, saya suka meneliti dan menulis dan itu adalah keterampilan yang dapat saya ubah menjadi bisnis (misalnya).

  • Apa yang Anda kuasai?

Sesuatu yang dapat Anda gunakan sebagai ide bisnis selalu berangkat dari pertanyaan “Apa yang Anda kuasai?” Tentu saja, jika Anda pandai mempelajari sesuatu yang baru, beradaptasi dengan cepat dan membangun pengetahuan itu, itu adalah keterampilan yang dapat Anda terapkan pada hampir semua ide bisnis.

Baca juga:

Pekerjaan paruh waktu yang menjanjikan di tahun 2022

Penyebab tidak produktif, Freelancer wajib tau

Menguasai sesuatu pasti tidak instan, butuh proses panjang untuk menjadi ahli, bukan? Tapi yang pasti, ketika Anda menyukainya dan sudah terlanjur nyaman, bukan mustahil untuk bisa menjadi ahli.

  • Dapatkah Anda belajar melakukannya?

Jika Anda memiliki kualifikasi formal dalam suatu hal dan telah melakukannya sepanjang waktu, maka Anda mungkin tidak perlu banyak belajar untuk menciptakan bisnis di bidang ini. Tetapi Anda mungkin perlu mempelajarinya agar bisa mendatangkan penghasilan.

Dan jika Anda ingin mencoba sesuatu yang belum Anda lakukan, dapatkah Anda mempelajari apa yang Anda butuhkan untuk menciptakan bisnis Anda?

  • Apakah ada permintaan untuk itu?

Yang terakhir adalah yang paling penting – apakah ada permintaan untuk itu? Apakah orang akan membayarnya karena jika tidak, Anda berada di jalur yang curam untuk menghasilkan keuntungan. Jauh lebih sulit untuk menciptakan minat dan permintaan serta bisnis daripada memasuki pasar atau permintaan yang ada dan membuat sesuatu yang baru.

Originally posted 2022-03-05 10:30:55.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA